Jumat, 08 November 2013

Tugas 4



Apa Yang Dimaksud Dengan Pemasaran?


     Pemasaran (Bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komuniksi terpadu yang  bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Mengapa Pemasaran Sering Disebut Juga Sebagai Permintaan ?


Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya.

      Konsumen potensial mengetahui secara detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua permintaan mereka atas produk yang dihasilkan dan meliputi :
1.      Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen , sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
2.      Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. 

Permintaan dilihat dari sudut pandang konsumen :

                  1.   Kebutuhan dan keinginan konsumen (customer needs and wants),
                  2.   Biaya konsumen (cost to the customer),
                  3.   Kenyamanan (convenience), dan
                  4.   Komunikasi (comunication).

Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran

Kebutuhan dalam konsep pemasaran  merupakan suatu hal yang penting baik bagi konsumen maupun pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk yang akan di pasarkan kepada konsumen sehingga sangat berkaitan dengan pemasar.

Keinginan merupakan suatu hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang di dambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar berkeinginan untuk bisa memuaskan konsumen serta  dapat memajukan perusahaannya.



            Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan atau manusia. Contohnya, seorang manusia membtuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah di bawa. Dan selain itu juga manusia membutuhkan makanan, jika seorang manusia lapar pasti tentu saja harus membeli makanan. Sedangkan contoh dari keinginan manusia misalnya mereka ingin memiliki mobil agar aman jika ingin pergi kemana saja dan juga misalnya seorang manusia ingin memiliki handphone baru karena ada model dan type terbaru yang lebih canggih dan menarik keinginan manusia untuk membelinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar