Apa Yang Dimaksud Dengan Pemasaran?
Pemasaran
(Bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan komuniksi terpadu
yang bertujuan untuk memberikan
informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia.
Mengapa Pemasaran Sering Disebut Juga Sebagai
Permintaan ?
Konsep-konsep
inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas,
nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan
pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan.
Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu.
Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap
kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan
akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk
membelinya.
Konsumen potensial mengetahui secara
detail produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan semua
permintaan mereka atas produk yang dihasilkan dan meliputi :
1.
Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari
penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk,
komunikasi kepada konsumen , sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan
konsumen secara cepat.
2.
Mengenal dan memahami konsumen sedemikian rupa sehingga produk cocok
dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya.
Permintaan dilihat dari sudut pandang konsumen :
1. Kebutuhan dan keinginan
konsumen (customer needs and wants),
2. Biaya konsumen (cost to
the customer),
3. Kenyamanan
(convenience), dan
4. Komunikasi
(comunication).
Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran
Kebutuhan dalam konsep pemasaran
merupakan suatu hal yang penting baik bagi konsumen maupun pemasar karena dari
kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk yang akan di pasarkan kepada
konsumen sehingga sangat berkaitan dengan pemasar.
Keinginan merupakan suatu hal yang diinginkan
dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang di dambakan baik oleh
konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar berkeinginan untuk bisa
memuaskan konsumen serta dapat memajukan perusahaannya.
Pemasaran
dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi
keinginan atau manusia. Contohnya, seorang manusia membtuhkan air dalam
memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya
akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun
juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek aqua yang
bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan
kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah di bawa. Dan
selain itu juga manusia membutuhkan makanan, jika seorang manusia lapar pasti
tentu saja harus membeli makanan. Sedangkan contoh dari keinginan manusia
misalnya mereka ingin memiliki mobil agar aman jika ingin pergi kemana saja dan
juga misalnya seorang manusia ingin memiliki handphone baru karena ada model
dan type terbaru yang lebih canggih dan menarik keinginan manusia untuk
membelinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar