1. Apa
yang dimaksud dengan bisnis ?
Jawab :
*Menurut blog
mysusis.com pengertian bisnis adalah
Bisnis Merupakan organisasi
yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk
mendapatkan laba sebesar-besarnya. Secara historis, bisnis berasal dari kata
business yang berasal dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”. Dalam artian,
sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Dalam
ekonomi kapatalis, kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis
dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya.
Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang ( organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuntungan yang maksimum melalui transakasi.
Secara Etimologi, bisnis adalah keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Secara luas, bisnis adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu atau sekelompok orang ( organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan keuntungan yang maksimum melalui transakasi.
*Menurut
Buku karangan Dr. Basu Swastha pengertian bisnis adalah
Kegiatan
bisnis sangat membantu usaha-usaha pemenuhan kebutuhan masyarakat oleh
perusahaan. Bisnis ini meliputi semua aspek kegiatan untuk menyalurkan
barang-barang melalui saluran produktif, dari membeli bahan mentah sampai menjual
barang jadi. Pedagang, yang khusus melakukan pembelian dan penjualan, merupakan
jalur penghubung antara produsen dengan konsumen dan membantu produsen
mengatasi masalah-masalah pada saat mencari konsumen, serta pada saat pembeli
mencari produsen. Pada pokoknya, kegiatan bisnis ini meliputi : Perdagangan
(melaluli pedagang), Pengangkutan (dengan alat-alat transport), Penyimpanan
(sampai barang terjual), Pembelanjaan (melalui bank atau kreditur), Pemberian
informasi (dengan promosi).
2. Sebutkan
dan jelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi iklim bisnis diIndonesia?
Jawab : 1.Modal
Salah
satu faktor yang paling penting dalam bisnis adalah modal dan dengan adanya
modal orang sudah bisa mulai berbisnis. Besarnya modal tergantung dengan bisnis
apa yang akan kita jalani. Contohnya : Jika ingin berbisnis restoran tentu
modal yang dibutuhkan harus besar dibandingkan dengan berbisnis pakaian.
2.SDM (Sumber Daya Manusia)
Ini
juga faktor pendukung untuk menjalankan suatu bisnis agar bisnis tersebut sukses dan menghasilkan
keuntungan tentu juga diperlukan orang-orang yang kreatif, inovatif, tekun,
kerja keras, berkualitas tinggi,ulet, pantang menyerah, mempunyai kemampuan
untung bersaing (kompetitif) dan pandai dalam mengelola bisnisnya.
Contohnya : sebuah perusahaan yang
mencari karyawan baru dengan seleksi yang sangat ketat untuk menemukan karyawan
yang sesuai dengan yang perusahaan butuhkan untuk kemajuan bisnisnya karena
tidak semua orang punya keinginan atau kreatifitas yang sama.
3.Ketepatan Produk
Produk
yang kita ciptakan harus sesuai dengan keinginan dan kebutuhan para konsumen selain
itu pula harga juga menentukan dipasaran, jika konsumen sudah cocok dengan
produk kita mereka pasti membeli tetapi jika harganya tidak sesuaipun mereka
akan memikirkan lagi untuk membelinya. Dan jangan lupa juga dalam berbinis
harus mementingkan kualitas produk.
Contohnya : mie instan adalah makanan yang semua orang pasti suka dan
harganya terjangkau. Apalagi jika perusahaan mie instan menambah varian rasa
dari mie instan tersebut dan harus tetap terjaga kualitasnya.
4. Lingkungan Masyarakat
Lingkungan dimasyakat itu selalu dinamis, apa
yang mereka butuhkan itu selalu mengalami perubahan. Kebutuhan dan keinginan
setiap orang itu tentu saja berbeda dan bermacam-macam. Oleh karena itu kita
harus kreatif dan inovatif jika berbisnis dan tentu saja strategi pemasaran
harus melihat kebutuhan dan keinginan yang diperlukan. Contohnya : dilingkungan
kampus sudah pasti banyak penjual makanan warteg, warnet, fotocopy, kos-kosan
yang tentu saja bisnis tersebut sangat menguntungkan jika harganya sesuai
dengan kebutuhan mahasiswa/i sekitar kampus tersebut.
5. Persaingan Pasar
Menjalankan
suatu bisnis apalagi diIndonesia itu tidaklah mudah, kita harus inovatif dan
kreatif untuk menciptakan hal yang baru. Banyak orang yang berbisnis yang mampu
menguasai pasar sehingga mendapatkan keuntungan yang maksimal. Oleh karena itu
harus mempunyai strategi untuk dapat
menguasai pasar dan para pesaingnya. Contohnya : bisnis pakaian misalnya kita
harus mengikuti trend model terbaru dan tentunya yang menarik agar dipasaran
pun tidak kalah saing.
6. Teknologi
Faktor
teknologi juga mempengaruhi iklim bisnis diIndonesia. Semakin maju teknologi yang digunakan, semakin berkembang pula bisnis
yang dijalani. Contohnya : bisnis jual beli online dari internet, dengan begitu
kita membeli barang tidak harus bertemu secara langsung.
7. Alam
Jika alam tidak bersahabat
dengan kita tentu kegiatan bisnis pun dapat terganggu. Misalnya adanya bencana
banjir, tanah longsor dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus memilih tempat
bisnis yang sesuai dan kita harus bersahabat dengan lingungan serta jangan
merusakya. Contohnya : Pabrik teh dibangun didataran tinggi, karena daun teh
hanya bisa tumbuh di suhu yang dingin.
8. Jenis Bisnis
Faktor ini juga memiliki
pengaruh yang kuat terhadap iklim bisnis di Indonesia. Dalam berbisnis tentunya
kita harus memilih bisnis di bidang apa yang akan kita jalani. Dalam memilih
jenis bisnis tersebut, sebaiknya kita memilih jenis bisnis yang banyak
dibutuhkan oleh masyarakat. Contohnya : Saat menjelang lebaran, banyak orang
yang menjual kue kering karena saat lebaran tiba hampir di setiap rumah
menyediakannya untuk tamu yang datang.
9. Kebijakan
pemerintah
Kebijakan pemerintah
juga turut mempengaruhi iklim bisnis di Indonesia. Kebijakan pemerintah
tersebut bisa saja mendatangkan peluang bagi bisnis kita dan bisa pula menyebabkan
hambatan bagi bisnis kita. Contohnya : kebijakan pemerintah dalam
menetapkan pajak.
10. Kondisi Negara
Kondisi
negara yang dimaksud dapat berupa kondisi perekonomian, sosial politik maupun
pertahanan dan keamanan negara. Kondisi negara yang tidak menentu bisa
menghambat bisnis yang dijalani. Misalnya saat terjadi inflasi. Tentu
saja kondisi ini turut mempengaruhi bisnis yang sedang dijalani. Contohnya
: jika angka pengangguran di Indonesia tinggi, pasti akan mempengaruhi daya
beli masyarakat yang tidak mampu membeli barang tertentu.
3.Seberapa besar
bisnis tersebut berpengaruh dalam kehidupanmu sehari-hari ?
Jawab :
Dengan
berjalannya bisnis yang sudah berjalan sangat berpengaruh terhadap kehidupan kita sehari hari. Di lihat dari
sisi keuntungan, maka dari keuntungan
tersebut akan menambah penghasilan dan efeknya akan sangat membantu ekonomi
dalam kehidupan kita sehari hari. Artinya selain kebutuhan primer terpenuhi,
kebutuhan sekunder kita juga dapat terpenuhi dengan baik Selain itu juga sangat
membantu kebutuhan orang yang ikut bekerja dalam menjalankan bisnis kita.
Artinya orang itu akan ikut menikmati penghasilan dari bisnis yang kita
jalankan. Tentunya akan ikut membantu tingkat ekonomi mereka, dan untuk yang
sudah berkeluarga tentunya juga ikut membantu meningkatkan ekonomi keluarga
mereka. Melihat dari sisi sosialisasi, kita juga jadi bertambah klien, teman,
relasi yang berhubungan dengan bisnis yang kita jalankan. Jadi pada intinya
bisnis itu selain untuk menguntungkan bagi diri sendiri tetapi juga bermanfaat
dan menguntungkan bagi orang lain. Pilihan bisnis juga harus sesuai dengan apa
yang kita rencanakan dan strateginya harus tepat supaya bisnis yang kita jalani
bisa berjalan sesuai dengan harapan dan berjangka panjang .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar